Home / Berita / Masjid Thoriqul Jannah Jalan Pendidikan Tradisikan Perayaan Isro Mikroj

Masjid Thoriqul Jannah Jalan Pendidikan Tradisikan Perayaan Isro Mikroj

 

Sangatta, HarianKutim.Com – Malam ini peringatan Isra Mi’raj di masjid Thoriqul Jannah Jalan Pendidikan, Sangatta (25/4) dengan menghadirkan penceramah  yang juga pengurus Nahdlatul Ulama Kutai Timur, Sismanto, M.Pd.

Acara yang tepat dimulai pukul 20.00 wita tersebut, dihadiri sekitar 150 an peserta dan diramaikan oleh Jamiyah Sholawat Rijalul Ansor Kabupaten Kutai Timur

Didaulat menjadi penceramah pada kegiatan Isrok Mikroj tersebut, Sismanto mengungkapkan kejadian penting yang terjadi pada bulan April tahun ini, yang pertama bertepatan dengan hari Kartini dan kedua tentanb Isra Miraj.

Menurut Sismanto bahwa meneladani sikap Kartini sebagai seorang wanita muslimah bisa dengan cara menulis, dengan menulis maka dunia akan mengenal kita. Sementara bila ingin tahu tentang dunia maka perbanyak membaca.

Sismanto mengkaji lebih jauh Isrok Mikroj dari kajian budaya, menurutnya, Kata isra’ selama ini diartikan dengan “perjalanan di malam hari”. Padahal, kata isra’  bisa bermakna “proses pencarian”. Sedangkan Mikroj, bisa dimaknai sebagai naik atau meninggi yang bermakna naik peringkat dalam soal kecerdasan dan spiritualitas.

Sehingga dalam konteks perspektif bahasa, peristiwa Isra’ Mi’raj memberikan kita pelajaran bahwa kita diperintahkan untuk “selalu mencari”, dengan pencarian tersebut kita diharapkan pula bisa meningkatkan derajat kita, baik itu derajat keimanan dan spiritualitas. Artinya, isrok mikroj bukan hanya sekedar sebuah perayaan ritual, melainkan sebagai bentuk “Lelono Broto” seorang hamba kepada Sang Khalik nya.

Lanjut Sismanto, ia mengajak kepada masyarakat yang hadir bahwa isro’ mi’roj perlu ditradisikan karena isro’ mi’roj merupakan warisan para kyai dan ulama terdahulu. Disamping itu pula, peringatan isro mikroj mengingatkan tentang simbolisasi spiritual Nabi Muhammad mengenal lebih jauh tentang ketauhidan dan tentu saja oleh-oleh kado terindah bagi umat manusia, yaitu shalat.

“Shalat sebagai sebuah kado istimewa dari Rasul yang didapatkan dari Allah subhanahu wa ta’ala, hendaknya dijalankan secara Istiqomah, kontinu serta dilakukan dengan khusuk. Namun demikian, sulitnya menggapai kekhusukan dalam sholat itu bisa dieleminir dengan menambah ritual dan amalan dzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujarnya. (Nala)

About Admin

Check Also

Sambut HUT RI Ke-72, Pasukan Garuda Gelar Pengobatan Gratis di Afrika Tengah  

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017, Pasukan Garuda …

Panglima TNI Buka Bazar Ramadhan 1438 H  

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo secara resmi membuka bazar (pasar murah) dalam rangka membantu meringankan kebutuhan Prajurit …

Khotmil Quran ke-10: Perbanyak Mengkhatamkan Alquran di Bulan Ramadhan

Sangatta, Pelaksanaan Safari Khotmil Qur’an hari ke-10 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *