Home / Hankam / Kapusbintal TNI :Implementasikan Jiwa Kepemimpinan Seorang Perwira

Kapusbintal TNI :Implementasikan Jiwa Kepemimpinan Seorang Perwira

Implementasikan jiwa kepemimpinanmu sebagai seorang Perwira dalam memimpin anak buah di satuan. Sebagai pemimpin harus mengetahui, memahami sikap, perilaku dan kemampuananak buah serta harus dekat dengan anak buah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) TNI Laksma TNI Budi Siswanto, S.T., M.AP., kepada 437orang Calon Perwira Remaja (Capaja), terdiri dari Taruna Akmil 224 orang (208 Taruna dan 16Taruni), Taruna AAL 94 orang (84Taruna dan 10 Taruni), Taruna AAU 117 orang (105 Taruna dan 12 Taruni) dan Taruna National Defence Academy (NDA), bertempat di Aula Gatot Subroto,Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (21/7/2017).

Kapusbintal TNI Laksma TNI Budi Siswanto mengatakan kepada para Taruna dan Taruni bahwa, seorang Perwira harus mampu memberikan bimbingan dan menjadi panutan dalam perkataan maupun perbuatan.  “Sebagai Perwira harus menghargai pendapat anak buahnya, jangan merasa lebih tahu segalanya dan jalin kerja sama yang baik dengan anak buah,” katanya.

“Sebagai seorang Perwira, jangan pernah menunda kesempatan sekolah untuk anak buahnya mengikuti pendidikan, kita harus dukung dan memberikan motivasi untuk meningkatkan kemampuan dan intelektualnya,” ujar Laksma TNI Budi Siswanto.

Lebih lanjut Kapusbintal TNI menyampaikan bahwa, para Perwira harus berperilaku yang sederhana, jangan menampilkan hal-hal yang bersifat kemewahandihadapan anak buah. “Hiduplah dengan sederhana dan bersifat terbuka kepada anak buah,” ucapnya.

“Sebagai Perwira harusberperan sebagai pemimpin, komandan, bapak, guru dan pelatih, terhadap anak buah di satuan. Perwira juga harusmengayomi, bijaksana, tegas, adil dan selalu berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan bawahannya,” kata Laksma TNI Budi Siswanto.

Mengakhiri pengarahannya,Kapusbintal TNI Laksma TNI Budi Siswanto menegaskan bahwa, sebagai seorang Komandan harus mempunyai pendirian yang teguhdan yakin dengan keputusan.“Seorang Komandan harus tegas dan bertangggung jawab, janganperintahkan anak buahmelaksanakan tugas dan tiba-tiba ada permasalahan, kita lempar tanggung jawab,” tutupnya.
(Nala/Puspen TNI)

About Admin

Check Also

Panglima TNI : Pemutaran Film G 30 S/PKI Untuk Mengingatkan Seluruh Anak Bangsa

Pemutaran Film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G 30 S/PKI), adalah untuk mengingatkan kepada …

Panglima TNI Ziarah Ke Makam Bung Karno dan Gus Dur

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade …

Kepala Bakamla RI Awasi Pelaksanaan Uji Coba Perangkat Surveillance

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H., bersama Direktur IT Badan Pemeriksa Keuangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *